Waspada Bahaya Klorin Di Kolam Renang dan Cara Meminimalkan Bahaya Klorin

Berenang merupakan jenis olahraga yang sangat baik karena Anda perlu untuk menggerakkan seluruh tubuh Anda melawan beratnya arus air. Selain itu, berenang juga latihan yang bagus untuk meningkatkan kerja dan fungsi jantung, membangun daya tahan, sambil tetap menghilangkan beberapa dampak stres dari tubuh Anda. Berenang di kolam renang umum berpotensi mempunyai beberapa bahaya. Oleh sebab itu kolam renang merupakan sarang bakteri dan virus, karena adanya penggunaan klorin dan juga kolam renang kerap digunakan orang-orang untuk buang air kecil.

Klorin merupakan zat kimia yang umumnya digunakan sebagai campuran air kolam renang untuk membunuh kuman. Dikutip dari Womens Health, Joely Kaufman sebagai Direktur Skin Associates of South Florida mengatakan “Dalam kolam yang sangat diklorinasi, klorin bisa masuk ke pori-pori dan menyebabkan iritasi dan kekeringan,” Penggunaan Klorin di kolam renang dapat menimbulkan dampak buruk bagi tubuh Seperti :

Rambut Menjadi Rapuh

Tak hanya sinar matahari atau gonta – ganti shampo yang  bisa menimbulkan masalah bagi rambut. Menurut seorang profesor dermatologi di George Washington School of Medicine and Health Sciences, AS, Klorin membuat rambut menjadi rapuh. Dikarenakan ternyata klorin di dalam kolam renang bisa menghilangkan sebum rambut. Sebum sendiri merupakan minyak esensial yang ada di rambut yang fungsinya menjaga rambut tetap lembut dan lembab, sehingga tak mudah kusut. Hilangnya sebum tersebut merupakan salah satu dapat membuat rambut bercabang. Selain itu, bahkan dampak klorin dipercaya bisa mengubah warna rambut.

Iritasi Mata

Tidak sedikit orang yang mengeluh  matanya merah bahkan pedih setelah berenang di kolam renang yang mengandung klorin. Menurut para ahli, Klorin dapat membuat mata menjadi kering, gatal, dan merah. Oleh sebab itu, penggunaan berkepanjangan dengan klorin tidak di sarankan.

Membuat Kulit menjadi Kering

Menurut para ahli dari American Academy of Dermatology seperti dilansir dalam Mirror, dampak klorin bisa membuat kulit menjadi kering. Selain itu, dalam beberapa kasus kulit sebagian orang juga bisa menjadi busik dan teriritasi, setelah berenang dengan air yang memiliki kandungan klorin. Oleh karena itu, menyarankan sebaiknya segeralah mandi setelah berenang dan gunakan pelembab. Tujuannya untuk menetralisir kandungan klorin yang menempel pada tubuh.

Masalah Paru – paru

Dampak klorin dapat ditimbulkan jika bercampur dengan urin perenang. Tidak sedikit perenang yang memiliki kebiasaan kotor ini, apalagi jika berenang di kolam umum. Menurut para ahli, klorin amat reaktif. Senyawa tersebut dapat bereaksi dengan apa pun materi organik yang kamu beserta pengunjung lainnya bawa ke dalam kolam, termasuk urin. Ketika asam dalam urin bergabung dengan klorin maka akan timbul produk sampingan yang disebut cyanogen chloride (CNCI) dan trichloramine (NCl3). Karena keduanya merupakan senyawa beracun yang bisa menimbulkan efek samping. Cyanogen dapat membahayakan jantung, paru-paru, dan sistem saraf pusat. Sementara itu trichloramine dikaitkan dengan cedera paru-paru akut dan penyebab asma pada anak-anak. Untungnya, efek yang ditimbulkan di atas hanya terjadi bila cyanogen chloride berada level yang tinggi.

Timbul Alergi dan Asma

Menurut para ahli dari Catholic University of Louvain, Brussels, Jerman, seperti dilansir Reuters, produk klorinasi yang ada di dalam air dan udara kolam renang, dapat menyebabkan efek aditif yang kuat pada perkembangan asma dan alergi pernapasan. Seperti, alergi rhinitis. Menurut para ahli, asma dan alergi  lebih rentan dialami oleh anak-anak. Selain itu, menurut studi dalam jurnal Pediatrics, secara signifikan klorin dapat  meningkatkan hubungan antara asma dan alergi pernapasan pada anak-anak yang sensitif terhadap alergi.

CARA MEMINIMALKAN BAHAYA KLORIN 

Melindungi Tubuh Anda

Klorin dapat merusak baju renang anda dan memudarkannya, begitu pula dengan kulit anda akan sama menjadi pudar jika terus – menerus berkontak langsung dengan klorin. Cara terbaik untuk melindungi tubuh Anda yakni dengan menggunakan tabir surya yang kedap air. Krim tabir surya membuat penghalang antara kulit dan klorin. Untuk Pengaplikasikan kembali setiap 80 menit dan mandilah segera keluar dari kolam renang.

Melindungi Wajah Anda

Setelah berenang, Jika kulit merasa kering,cobalah mengoleskan serum yang mengandung vitamin C. Vitamin C tersebut dapat menghilangkan klorin.

Melindungi Rambut Anda

Oleskan minyak kelapa sebelum menceburkan diri ke kolam renang. Minyak kelapa akan mencegah klorin melekat dan menembus batang rambut.

 

Leave a Reply