Pengukuran SVI pada sampel limbah yang telah di aktifasi dengan bakteri.

Lumpur aktif merupakan campuran cair atau semicair dan partikel endapan lumpur dan tanah liat salah satu proses pengolahan air limbah secara biologi, proses pengolahan tersebut biasanya mungunakan bakteri yang pada dasarnya merupakan pengolahan aerobik yang mengoksidasi material organik menjadi CO2 dan H2O, NH4. dan sel biomassa baru. Proses ini menggunakan udara yang disalurkan melalui pompa angin atau aerasi. Sel mikroba membentuk flok yang akan mengendap di tangki aerasi yang hasil jerinih akan di lakukan tahap selanjutnya dan yang flok atau endapan akan ti biarkan di kolam aerasi. Kemampuan bakteri dalam membentuk flok menentukan keberhasilan pengolahan limbah secara biologi, karena akan memudahkan pemisahan partikel dan air limbah.

Lumpur aktif bertujuan untuk menghilangkan limbah organik sederhana dan mudah urai, organik kompleks seperti warna, bau. Proses ini juga mengilangkan logam berat. Sasaran dari penerapan teknologi ini adalah air hasil pengolahan limbah industri tidak mencemari lingkungan.

Di sini siswa siswi SMKN 1 DRIYOREJO dan PT. WATER PEDIA melakukan penelitian pada limbah dan bakteri yang sudah diaerasi. Untuk sampel A sudah di aerasi sudah lebih kurang selama 3 minggu dan untuk sampel B lebih kurang 1 minggu di aerasi.

Dan di ambil 50ml untuk di uji seberapa banyak flok yang di hasilkan oleh bakteri dan limbah tersebut. Ternyata sampel A menghasilkan flok 2 ml flok dan juga masih ada flok yang menempel di dinding gelas pengukuran.
Sampel B menghasilkan 25 ml flok dengan air yang jernih.

Waterpedia filter sistem penjernih air untuk air sumur dan PDAM, skala rumah tangga. Soal air keruh, berminyak, bau dan problem lainnya segera konsultasi ke kami.

Info lebih lanjut :
☎️0878 5092 5256 (umi)
☎️0821 3912 5256 (Andri)

PT. Waterpedia Rejeki Langit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *