Mengolah Air Limbah Rumah Tangga

Manusia memiliki perana yang besar untuk merusak lingkungan atau alam sekitar. Hal tersebut terjadi akibat dari ulah manusia yang membuang limbah secara semena- mena. Limbah yang terbuang akan menyababkan air dan tanah menjadi tercemar. Pencemaran ini menyebabkan berkurangnya pasokan air bersih dan kesuburan tanahLimbah yang terbuang akan menyababhan air dan tanah menjadi tercemar. Pengetahuan tentang limbah memang tidak terlalu mudah didapatkan oleh masyarakat, terutama berkaitan dengan limbah rumah tanggayang saat ini banyak ditemukan di sekitar tempat pemukiman. Padahal air limbah tersebut merupakan jenis yang paling banyak ditemukan dan mencemari lingkungan. Hal ini umumnya terjadi pada wilayah yang memiliki kepadatan penduduk yang cukup tinggi.

Air limbah rumah tangga yang dibuang sembarang di sekitar lingkungan dan tanah menjadi tercemar. Limbah rumah tangga dibagi menjadi 2 yakni :

  1. Grey Water adalah limbah yang bukan berasal dari kakus tetapi limbah yang berasal kegiatan memasak dan mencuci di rumah .
  2. Black Water adalah limbah kakus yang berasal dari kotoran manusia.

Oleh karena itu penting sekali mengetahui bagaimana cara mengolah limbah grey water dan black water yang tepat untuk wilayah pemukiman dan industri. Berikut ini beberapa cara yang bisa dilukakan :

Memasang Instalasi Pengolahan Air Limbah ( IPAL )

Beberapa industri yang menghasilkan air limbah yang berasal dari air sabun, minyak, dan limbah sejenis yang termasuk ke dalam kategori grey water, maka cara terbaik yang perlu dipertimbangkan adalah dengan memasang sistem pengolahan air limbah terpadu. Dengan menggunakan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL). Instalasi Pengolahan Air Limbah ( IPAL ) adalah suatu system yang didesain dengan material fiberglass atau mild steel dengan menggunakan teknologi Biofilter Aerobic dan Anareobic dimana proses pengolahan air limbah tersebut yang dilakukan dengan menggunakan metode pengembangbiakan bakteri Aerobic dan Anaerobic sehingga tahan terhadap limbah dengan konsentrasi tinggi atau rendah .

Menggunakan Bio Septic Tank Ramah Lingkungan

Limbah tinja sering menjadi permasalahan dalam hunian rumah atau gedung. Karena limbah tinja termasuk sampah cair yang susah untuk diuraikan. Bio Septic Tank adalah solusi permasalahan hunian rumah atau gedung yang tepat dengan sistem pengolahan limbahnya. Dengan sistem yang handal dan sangat tepat dengan yang dibutuhkan masyarakat modern sekarang ini. Salah satu keunggulannya yaitu tidak akan mencemari lingkungan sekitarnya. Waterpedia menyediakan Bio Septic Tank yang didesain khusus dengan bentuk tangki yang terbuat dari bahan fiber glass. Bio Septic tank ini mempunyai kemampuan untuk mengurai limbah rumah tangga sehingga sehingga menghasilkan air bersih yang ramah lingkungan. Sistem di dalamnya dilengkapi dengan pengolahan limbah media sel,filter,bakteri pengurai limbah, tube khusus. Bakteri pengurai limbah dan tabung khusus digunakan untuk menempatkan anti bakteri berbahaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *