Kategori air yang dapat diminum

Ada 7 hal kategori air yang layak di minum yaitu

1. Tidak keruh

Ciri air layak konsumsi yang pertama adalah kondisi dari air yang bersih dan sehat adalah kondisi air yang terlihat jernih dan tidak keruh. Apabila air yang akan Anda konsumsi keruh, maka itu menjadi pertanda jika air tersebut kemungkinan besar sudah terkontaminasi oleh zat lain.
Tentu saja hal tersebut dapat terjadi karena pengambilan air mungkin tercampur lumpur ataupun tercampur pasir dan juga bisa tercampur dengan zat lainnya yang menyebabkan air keruh.

2. Tidak berwarna

Ciri air layak konsumsi selain tidak keruh, selanjutnya tanda air bersih dan sehat yaitu air tidak memiliki warna. Karena adanya warna pada air bukan merupakan sifat dan ciri utama air layak konsumsi. Apabila ada warna yang terlihat pada air, maka dapat menandakan adanya hal serius dan berbahaya jika dikonsumsi.

Bahkan jika tetap dikonsumsi dalam jangka waktu yang panjang bisa bahaya bagi nyawa Anda. Beberapa contoh air yang memiliki warna dan berbahaya seperti air yang tercampur dengan zat sisa, baik limbah pabrik maupun karena adanya perubahan pada lingkungan.

3. Bebas zat kimiawi arsenik

Zat kimia yang memiliki nama arsenik ini sangat berpotensi untuk mencemari air di lingkungan tempat tinggal. Zat arsenik ini biasanya akan mudah ditemukan di pestisida. Pestisida sendiri memang digunakan sebagai zat untuk mematikan hama pengganggu tanaman di pertanian atau perkebunan warga.

Namun, terkadang banyak orang lupa untuk membersihkan anggota badannya setelah menyentuh zat ini, dan akhirnya menyentuh sumber air yang biasa digunakan untuk konsumsi masyarakat. Sehingga membuat air tersebut terkontaminasi zat tersebut.

4. Bebas endapan

Apabila air tersebut merupakan air yang layak konsumsi, maka seharusnya tidak akan ada sisa endapan yang terlihat pada dasar permukaan air tersebut. Apabila pada sumber air tersebut ada unsur endapan pada bagian bawahnya, maka air tersebut tidak dapat dikategorikan sebagai air yang bersih dan juga sehat.

Alasannya karena masih terdapatnya unsur yang membuat keruh, dan bisa saja sewaktu-waktu dapat kembali tercampur dengan air tersebut.

5. Tidak berbau

Ciri air yang bersih dan sehat selanjutnya adalah tidak memiliki bau. Bau ini baik bau tertentu maupun bau yang terlalu. Lebih lagi air dari sumber tersebut memiliki bau yang asam. Apabila terdapat bau tersebut, maka sudah pasti jika air tersebut tidak layak untuk dikonsumsi. Karena apabila tetap dikonsumsi, dapat menyebabkan keracunan pada tubuh kita.

6. Memiliki rasa tawar

Rasa normal pada air cenderung tawar dan menyegarkan. Karena hal tersebut berarti air tersebut belum tercampur dengan zat apapun. Dan pada air yang bersih pada lidah Anda tidak akan merasakan rasa getir.

7. Tidak meninggalkan noda

Hal ini karena pada air minum yang tercemar biasanya akan meninggalkan noda pada air yang terkontaminasi. Dan noda tersebut dapat terlihat di benda-benda tertentu. Apabila Anda sering meminum air yang bersumber dari keran sumber, perlu di cek kembali, apakah air tersebut meninggalkan noda, baik kuning, coklat atau noda lainnya.

Leave a Reply