IPAL STP ( Waste Water Treatment Plant )

Instalasi Pengolahan Air Limbah ( IPAL ) yaitu sebuah struktur yang rancangannya digunakan untuk membuang limbah biologis dan kimiawi dari sehingga memungkinkan air tersebut dapat digunakan untuk kegiatan yang lain. Fungsi dari IPAL yakni mencakup :

  • Pengolahan air limbah  pertanian yang digunakan untuk membuang kotoran hewan, residu dan sebagian dari lingkungan pertanian.
  • Pengolahan air limbah perkotaan yang digunakan untuk membuang limbah manusia dan limbah rumah tangga lainnya.
  • Pengolahan air limbah industri yang digunakan untuk mengolah limbah air dari aktifitas manufaktur sebuah industri dan komersial, termasuk aktifitas pertambangan.

Sewage Treatment Plant adalah bangunan instalasi sistem pengolahan limbah rumah tangga atau limbah cair domestik yang termasuk limbah dapur, air bekas, air kotor, limbah maupun kotoran. Limbah yang mengandung logam akan mendapatkan perlakuan khusus karena bukan termasuk dalam limbah domestik. Tujuan dari pengolahan limbah cair domestik adalah agar limbah tidak mengandung zat yang dapat mencemari lingkungan, sehingga layak buang sesuai dengan peraturan pemerintah yang berlaku.

STP hampir sama dengan Septik Tank. STP biasanya digunakan di suatu bangunan yang besar, sedangkan septink tank identik dengan rumahan. Perbedaan STP dan Septik Tank Sebenarnya keduanya  mengolah limbah atau kotoran, tetapi bedanya pada STP menggunakan  system penguraian dan filtrasi, sedangkan septic tank hanya sebagai penyimpanan saja, tetapi sekaligus sebagai tempat penimbunan.  STP memiliki beberapa Chamber yang setiap chamber mempunyai fungsi tersendiri. Atau yang di sebut system Aerasi atau system back wash. Intinya system tersebut adalah  pemberian gelembung udara yang digunakan untuk menghidupkan  bakteri yang terdapat didalammnya. Bakteri  berfungsi untuk menghancurkan sewage yang berbentuk keras. Bakteri pengurai ini menghancurkan sewage hingga di akhir output STP berupa limbah yang berbentuk air bening.

Sewage Treatment plant tersebut  biasanya sering  digunakan di hotel, gedung bertingkat dan sebagainya. Hasil-hasil buangan dari Sewage Treatment Plant seperti minyak dan lemak dari buangan dapur harus dipisahkan dahulu minyak dan lemaknya dari air sebelum masuk ke bak bak pengolahan. Untuk  hasil buangan laundry, harus melalui pretreatment dahulu yaitu koagulasi, flokulasi, netralisasi, dan sedimentasi. Diiperlukan chemical atau bahan kimia yang sesuai dengan fungsi masing masing. Hasil dari buangan WC atau Toilet diperlukan penghancur untuk benda benda kasar dan kemudian disaring, baru hasil buangan tersebut masuk ke dalam bak-bak pengolahan sehingga effluent dari prosess pengolahan sewage ini dapat dibuang ke saluran kota dengan kualitas yang disyaratkan, bahkan dapat di recycling untuk penyiraman tanaman.

PT Waterpedia Rejeki Langit hadir untuk membantu kebutuhan air bersih di Indonesia, seperti water & wastewater treatment public, Inhouse Training Consultant Expansion, Trouble Shooting, Enginering Mesin RO, Specialist SWRO, DEPO,Filter Air Design, Assement, IPAL, WWTP,   PWT, STP, Silahkan anda hubungi di nomor 082139125256 atau melalui email info@waterpedia.co.id.

Leave a Reply

WhatsApp chat