Demineralisasi Air

Demineralisasi air adalah sebuah proses penyerapan kandungan ion-ion mineral di dalam air dengan menggunakan media resin ion exchange. Proses tersebut mampu menghasilkan air dengan tingkat kemurnian yang sangat tinggi ( ultrapure water ) dengan jumlah kandungan kandungan Ionik dan An-ionik nya mendekati angka nol sehingga mencapai batas yang hampir tidak dapat dideteksi lagi. Demineralisasi merupakan salah satu jenis water treatment yang memungkinkan bisa mendapatkan air bersih dan air yang dihasilkan sangat  jernih. Air dari sistem Demineralisasi tersebut dapat digunakan untuk kebutuhan seperti memasak bahkan dapat langsung di minum karena diproses menggunakan teknologi terbaik yang ada sehingga hasil yang di dapatkan sesuai dengan keinginan yang kita mau.

Proses Demineralisasi dilakukan dengan menggunakan2 tabung pertukaran ion yang berisikan resin ion positif ( kation resin ) dan resin ion negativ ( anion resin ). Dari dua tabung tersebut Isinya  berbeda antara satu dengan yang lainnya. Ion Positif terdiri atas magnesium (mg), calcium (ca) dan natrium (na) dengan ion H+. Sedangkan untuk Ion Negatif terdiri dari  SO4, SiO2, dan lainnya.

Manfaat dan kegunaaan Demineralisasi  adalah dapat untuk  memurnikan air dari yang sebelumnya hanya sekedar air mentah bisa menjadi air bersih. Kemurnian yang di dapatkan sangat murni sekali dibandingkan dengan menggunakan alat lain. Selain aman di konsumsi manusia,demineralisasi air digunakan untuk di bidang industri sebagai bahan utilitas industri.

Kelebihan Air Demin adalah sebagai berikut :

  1. Air demineral Sangat baik dikonsumsi bagi penderita penyakit tertentu yang harus membatasi asupan mineral.
  2. Air Demineral tidak memiliki kandungan magnesium dan kalsium, sehingga  digunakan untuk umpan ke boiler tanpa perlu khawatir resiko ketel uap berkarat atau korosi.
  3. Proses pemurnian menggunakan alat yang mana dalam proses instalasinya tidak membutuhkan terlalu banyak ruang, terutama bila memilih demin system yang menggunakan ion exchange untuk menghasilkan air demineral.

Kekurangan Air Demin adalah sebagai berikut : 

  1. Air demin tidak dianjurkan untuk dikonsumsi bagi penderita yang kekurangan mineral karena dapat memungkin memicu kekurangan mineral pada tubuh menjadi lebih parah.
  2. Biaya yang ditimbulkan untuk proses regenerasi ataupun pergantian media resin jika dikalkulasikan untuk jangka waktu satu tahun cukup besar sehingga membutuhkan anggaran yang bersifat rutin atau regular

 

Leave a Reply