031-3977660 info@waterpedia.co.id

 

 

Air bersih adalah salah satu jenis sumber daya berbasis air yang bermutu baik dan biasa dimanfaatkan oleh manusia untuk dikonsumsi atau dalam melakukan aktivitas mereka sehari-hari termasuk diantaranya adalah sanitasi.Untuk konsumsi air minum menurut departemen kesehatan,

Syarat-syarat air minum adalah tidak berasa, tidak berbau, tidak berwarna, dan tidak mengandung logam berat. Walaupun air dari sumber alam dapat diminum oleh manusia, terdapat risiko bahwa air ini telah tercemar oleh bakteri (misalnya Escherichia coli) atau zat-zat berbahaya. Walaupun bakteri dapat dibunuh dengan memasak air hingga 100°C, banyak zat berbahaya, terutama logam, tidak dapat dihilangkan dengan cara ini. CIRI AIR BERSIH

 

Air bersih memiliki ciri-ciri awal yaitu tidak berwarna, tidak berbau dan tidak berasa. Pada air bersih yang sehat, tidak terdapat kontaminan mikrobiologi mapun senyawa kimia. Kebersihan air ini dinilai dari sifat fisika, kimia dan biologi. Ketidaklayakan pada salah satu penilaian menandakan bahwa air tidak masuk dalam kategori air bersih yang dapat diminum atau dipakai untuk keperluan lain.

Untuk menghasilkan alat penjernih air dengan hasil maksimal perlu didukung oleh media filter air yang tepat. Karena media filter airlah yang menentukan kualitas air yang ingin diperoleh.

Ferrolite digunakan untuk menghilangkan kandungan besi dan konsentrasi mangan tinggi pada air. Bentuk butiran Ferrolite memiliki keunggulan berpori sehingga mudah menyerap besi dan mangan dan sangat stabil sebagai media filter baik secara fisik maupun kimia. Filter media permukaan Kekhasan Pasir Aktif ini adalah dapat bertindak sebagai katalis dan tidak diperlukan untuk mengaktifkan media dalam interval pendek namun dapat digunakan dalam interval waktu yang panjang.Ferrolite dapat menghilangkan warna kuning di air tanah ,air PDAM maupun air gunung

Media filter yang tepat akan mampu menghilangkan zat-zat kimia maupun organik yang ada di dalam air seperti air berbau, keruh, kekuningan, berminyak, berkarat, atau berlumpur menjadi lebih baik dan layak untuk dikonsumsi.

Lebih mudahnya yaitu, misalkan untuk mengatasi air berbau maka gunakan lebih media filter yang berfungsi menghilangkan bau.

Karena itu menentukan komposisi media filter tidak sama antara satu tempat dengan tempat lain. Karena setiap tempat tentu memiliki masalah air yang berbeda. Selain itu tujuan hasil penjernihan juga harus diperhatikan apakah untuk minum, rumah tangga atau kebutuhan lain.

Ferrolite berfungsi untuk menghilangkan kandungan besi tingkat tinggi yang ditandai dengan bau besi yang menyengat, Mangan, dan warna kuning pada air. Bentuk butiran ferrolite memiliki keunggulan berpori sehingga mudah menyerap besi dan mangan dan sangat stabil sebagai filter media baik secara fisik maupun kimia. Ferrolite memiliki banyak kelebihan, salah satunya adalah waktu cucinya sangat singkat dibanding media filter lainnya, kecepatan air bisa 10-30 m3/h dimana ini merupakan 2x kecepatan rata-rata filter umumnya dan pada periode tertentu harus dicuci dan tidak perlu dilakukan regenerasi dengan bahan kimia.

 

Alat & b bahan :

1. cawan petil

2. Timbangan digita

3. Desikator

4. Cawan porselen

5. Oven

6. Spatula

7. ferrolite

 

Langkah – langkah kerja :

1. Timbang ferrolite sebanyak 5 gram menggunakan alas cawan porselen berat awal ( W1 )

2. Lalu cawan porselen yang telah diberi ferrolite letakkan di atas timbangan digital

3. Setelah ditimbang masukkan ke dalam oven, lalu oven selama 3 jam jam dengan suhu 115 ⁰C

4. Setelah dioven ambil cawan porselen letakkan kedalam desikator tunggu hingga cawan porselen sudah tidak panas

5. Lalu timbang menggunakan timbangan digital hingga berat yang di peroleh konstan

6. Berat konstan ferrofluid yang ditimbang berat mengusut ( W2 )

7. Setelah ditimbang tuang ferrolite kedalam gelas beker yang berisikan air.