031-3977660 info@waterpedia.co.id

Cara Menghitung TSS

Total suspend solid(TSS)/zat tersuspensi adalah zat padat (lumpur,pasir,tanah) yang tersuspensi dalam air namun tidak larut dalam air, Zat ini umumnya yang menyebabkan kekeruhan pada air. Sementara hamburan diproduksi oleh adanya partikel tersuspensi dalam sampel. Kekeruhan adalah murni sebuah sifat optik. Pola dan intensitas sebaran akan berbeda akibat perubahan dengan ukuran dan bentuk partikel serta materi.

Parameter Total suspend solid(TSS)Seperti yang kita tahu air bersih adalah kebutuhan penting bagi makhluk hidup kita juga harus tahu parameter wajib pada saat kita menguji kualitas air  adapun baku standar mutu yang telah ditetapkan oleh pemerintah untuk parameter TSS ini yakni 30 g/ml.

Dampak tingginya nilai TSSTingginya nilai dari parameter ini juga memiliki dampak pada lingkungan. Seperti, mengurangi intensitas cahaya yang dapat masuk kedalam air, air menjadi keruh, dan bahaya lain yang dapat membahayakan bagi semua makhluk hidup yang tergantung pada air tersebut.

Fungsi TSS memberikan nilai konstribusi untuk kekeruhan (turbidity) dengan membatasi penetrasi cahaya untuk fotosintesis dan visabilitas di perairan.

Alat dan bahan     :

  1. neraca analitik
  2. kertas saring
  3. gelas kimia
  4. corong kaca
  5. oven

 

Langkah-langkah   :

  1. Timbang massa awal kertas saring dan oven hingga kering
  2. Lalu taruh kertas saring pada corong kaca
  3. Saring sampel limbah domestik menggunakan kertas saring
  4. Setelah itu ambil kertas saring,diangin-anginkan terlebih dahulu kemudian baru dioven
  5. Setelah dioven timbang kertas saring
  6. Masukkan kedalam rumus :

Sampel isi – sampel awal : 100 x 1.000,000

Baca Juga : Debit Air flow