Selamat Hari Air Sedunia 22 Maret 2021
Traning 10 LAngkah Mendesain IPAL STP WWTP Bekasi 08-09-10 April 2021
headerweb-international tranining wwtp waterpedia

Syarat Penting Air Kemasan Sehat

Air minum sangatlah dibutuhkan bagi kelangsungan hidup manusia. Menurut beberapa peneliti, manusia dapat hidup berminggu – minggu tanpa makan, tetapi manusia tidak bisa bertahan hidup selama seminggu tanpa minum. Salah satu bentuk air minum yang sering dikonsumsi adalah air kemasan, yang sangat memudahkan terutama jika Anda tidak sedang membawa botol minum sendiri untuk minum sehari-hari. Berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan RI no 97/Menkes/SK/VII/2002, yang dimaksud dengan air minum adalah air yang melalui proses pengolahan yang memenuhi syarat dan langsung diminum. Bagaimana cara untuk mengetahui ciri – ciri air kemasan yang sehat ? Berikut beberapa diantaranya meliputi :

Syarat Fisik

Secara fisik air minum yang sehat airnya tampak jernih dan bening tanpa disertai warna apapun. Menurut Buckle KA melalui bukunya yang berjudul ‘Ilmu Pangan’ yang diterbitkan pada tahun 1987 juga menyebutkan bahwa air kemasan yang layak dikonsumsi tidak boleh memiliki kandungan bahan tersuspensi yang menjadikannya keruh. Dari segi kemasan secara fisik memilih air kemasan yang botolnya tidak rusak,penyok ataupun bocor. Selain itu, air minum kemasan yang berkualitas juga harus memiliki suhu di bawah suhu udara di luarnya (dalam suhu ruang).

Syarat Kimiawi

Air minum yang sehat juga harus memenuhi syarat kimia yang dibutuhkan. Syarat utama dari air kemasan berkualitas adalah kandungan zat di dalamnya yang tidak kurang atau berlebih. Yang berarti , airnya harus mengandung zat-zat tertentu yang dibutuhkan, misalnya zat besi, mangan, dan klorida. Zat tersebut juga harus ada dalam jumlah tertentu. Kekurangan atau kelebihan zat tertentu dalam air akan menyebabkan ketidakseimbangan. Parahnya ini juga akan mengganggu kondisi fisiologis seseorang.

Syarat Mikrobiologi

Selain bentuk fisik dan kandungan kimianya, kriteria air sehat dalam kemasan yang layak dikonsumsi juga harus memenuhi kriteria biologi yang disarankan para ahli kesehatan. Kriteria ini juga disebut dengan kriteria bakteriologis, karena berhubungan dengan kandungan bakteri yang ada di dalam air kemasan. air yang mengandung bakteri patogen sangat berbahaya untuk tubuh manusia. Oleh karena itu, air kemasan sehat haruslah bebas dari kandungan tersebut. Bakteri ini memang tidak bisa diketahui hanya dengan melihat saja, karena hanya dapat dilihat melalui uji laboratorium. Cara yang paling mudah untuk memilih air kemasan sehat adalah dengan memilih air kemasan sehat yang telah memiliki sertifikat dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM).

 

Leave a Reply

English EN Indonesian ID