031-3977660 info@waterpedia.co.id

Pelaksanaan Training & Sertifikasi BNSP POPU PPPU September 2022

,

Training Sertifikasi Penanggung Jawab Operasional Instalasi Pengendalian Pencemaran Udara (POPU) dan Penanggung Jawab Pengendalian Pencemaran Udara (PPPU) Periode September 2022 Oleh PT. Waterpedia Rejeki Langit

Penulis : Divisi Training PT. Waterpedia Rejeki Langit

Waterpedia Rejeki Langit bekerjasama dengan BNSP, telah menyelenggarakan training dan sertifikasi BNSP secara online untuk Penanggung Jawab Operasional Instalasi Pengendalian Pencemaran Udara (POPU) dan Penanggung Jawab Pengendalian Pencemaran Udara (PPPU), yang telah diselenggarakan pada tanggal 19, 20 dan 21 September 2022. Dalam training dibahas secara tuntas 5 kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang POPU dan 10 kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang PPPU, sebagai upaya peningkatan mutu terhadap pencegahan dan penanggulangan pencemaran udara yang disebabkan dari seluruh kegiatan produksi sebuah industri.

Hadir sebagai narasumber dalam training kali ini yakni Abdur Rochman, S.T., M.Ling (Pejabat Pengawas Lingkungan Hidup) di Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta sejak tahun 2010 – sekarang. Sedangkan narasumber kedua yakni Drs. Tulus Sibuea, M.Si., beliau bekerja di PEMDA Provinsi Jawa barat di Lingkungan Hidup sejak tahun 2000 s.d. 2021. Adapun perwakilan dari PT. Waterpedia Rejeki Langit adalah Ririn Dwitanti, S.T., selaku penanggungjawab divisi training PT. Waterpedia Rejeki Langit, dan bertindak sebagai moderator yakni Elsa Izabel Sugihono.

Elsa Izabel Sugihono membuka kegiatan training dengan mengajak semua peserta agar dapat menyimak dengan baik seluruh pemaparan materi, sehingga bisa mengikuti ujian dengan baik dan lulus kompeten. Selanjutnya, Abdur Rochman, S.T., M.Ling menjelaskan 5 kompetensi seorang POPU.

Di hari kedua, Drs. Tulus Sibuea, M.Si., Beliau melanjutkan dan menjelaskan tentang 5 kompetensi seorang PPPU. Sebagai penutup, beliau juga menjelaskan sistem perundang – undangan terbaru dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) serta tips and trick menjawab saat ujian wawancara BNSP.

Selama 2 hari pelatihan ini, para peserta telah mengikuti kegiatan dengan baik dan antusias untuk bertanya juga baik. Setelah kegiatan ini, diharapkan seluruh peserta kompeten sebagai seorang Penanggung Jawab Operasional Instalasi Pengendalian Pencemaran Udara (POPU) dan Penanggung Jawab Pengendalian Pencemaran Udara (PPPU), yang akan sangat besar kontribusinya dalam kelestarian lingkungan.

Waterpedia Rejeki Langit
Email : info.waterpedia@gmail.com
Whatsapp : +62 812-5952-5816
website : www.waterpedia.co.id