Selamat Hari Air Sedunia 22 Maret 2021
Traning 10 LAngkah Mendesain IPAL STP WWTP Bekasi 08-09-10 April 2021
headerweb-international tranining wwtp waterpedia

Perlukah Kita Menghemat Air ?

Setiap manusia membutuhkan air bagi kelangsungan hidupnya. Menghemat air sering kali diabaikan oleh banyak orang. Padahal air merupakan sumber daya alam yang sangatlah penting  karena digunakan untuk minum, mandi, memasak, mencuci, dan berbagai keperluan esensial lainnya.  Ketika air habis, besar kemungkinan kehidupan kita juga akan terancam. Oleh sebab itu, untuk menjaga persediaan air bersih tentu saja kita harus menghemat. Berikut ini beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk penghematan :

Memikirkan Tagihan Air

 Tagihan air yang besar menunjukkan pemakaian air yang besar pula. Oleh sebab itu,harus mulai menghemat pemakaian air. Hal ini bukan hanya menjaga persediaan air, namun dapat membantu menghemat biaya yang  dikeluarkan.

Matikan Keran Jika Tidak Dipakai

Mematikan keran jika tidak dipakai menjadi salah satu cara untuk menghindari pemborosan air. Ketika bak sudah penuh, segera matikan keran air yang ada. Semakin banyak air yang terbuang, semakin besar pula tagihan yang harus dibayarkan.

Memperbaiki Kebocoran

Jika di rumah terdapat pipa yang bocor atau keran yang rusak sehingga membuat air menetes, Jika itu terjadi tidak boleh mengabaikannya. Segera diperbaiki karena bisa membuat air jadi terbuang sia-sia. Jika belum bisa memperbaikinya maka tampunglah air yang bocor tersebut untuk digunakan keperluan lain.

Menampung Air Hujan

Menampung air hujan juga dapat menjadi salah satu cara untuk menghemat air. Air Hujan yang ditampung dapat digunakan untuk menyirami tanaman atau mencuci kendaraan. Namun, pastikan air yang ditampung tersebut langsung digunakan atau tutup dengan rapat agar tidak menjadi tempat nyamuk bertelur hingga bisa menyebarkan penyakit.

Memantau Pemakaian Air Secara Berkala

Langkah utama yang dapat dilakukan adalah dengan memantau pemakaian air di rumah secara berkala. Hal ini bertujuan untuk menghindari air keran yang meluber di tempat-tempat penampungan air. Untuk melakukan pemantauan, ada baiknya jika memasang meteran air.

Itulah beberapa contoh hal-hal yang sangat sederhana  namun  akan sangat berarti jika seluruh masyarakat di Indonesia dapat menerapkannya menjadi sebuah kebiasaan. Tentunya masyarakat harus memiliki pemikiran yang sama bahwa penghematan air tersebut selain bisa ikut menghemat keuangan juga termasuk aksi menjaga lingkungan.

Hemat air itu perlu, demi mencukupi kebutuhan air hingga masa anak cucu. Pengolahan air limbah itu penting untuk menjaga air agar tetap ada, hubungi kami apabila anda ingin kelestarian  bumi tetap  terjaga.

 

Leave a Reply

English EN Indonesian ID