Penerapan Fungsi Mesin RO Dalam Kehidupan Sehari-hari

Pada dasarnya, mesin osmosis terbalik atau reverse osmosis berfungsi untuk memurnikan air. Kegunaan utama dari mesin ini yaitu memproduksi air yang higienis dan bebas dari kontaminan seperti logam dan mineral lainnya. Sehingga air yang dihasilkan memiliki kualitas air murni. Proses inilah yang dinamakan demineralisasi. Berikut ini adalah beberapa penerapan fungsi mesin RO dalam kehidupan sehari-hari :

  1.  Air Minum Isi Ulang

Bagi Anda yang mempunyai mesin RO tak ada salahnya memanfaatkan fungsinya seperti membuka depot air minum isi ulang. Kebanyakan depot air minum menggunakan mesin RO yang telah dielngkapi membran RO. Kualitas air yang dihasilkan sangat dipengaruhi oleh kualitas air baku.

  1. Air Untuk Industri

Untuk perusahaan yang menggunakan mesin boiler, mesin chiller, dan mesin water cooler, tentunya lebih cocok menggunakan pemakaian air yang telah diproses oleh mesin RO. Dikarenakan air tersebut sudah murni sehingga tidak akan merusak bahan baku yang dipakai. Air yang sudah diproses oleh mesin RO juga bebas dari kontaminan sehingga tidak menyebabkan kerusakan pada mesin produksi.

  1. Air Rumah Tangga

Penggunaan mesin reverse osmosis banyak digunakan pada proses pengolahan air rumah tangga sehingga menjadi air yang layak diminum. Tipe mesin RO yang umumnya dipakai oleh skala rumah tangga yaitu dispenser RO dan undersinc.

  1. Pabrik Air Minum Kemasan

Beberapa pabrik air minum kemasan biasanya menggunakan mesin RO pada tahap awal produksi. Air murni yang telah melalui proses osmosis terbalik ini akan diproses lebih lanjut menggunakan teknologi tertentu sehingga kualitasnya sesuai dengan target perusahaan. Contohnya seperti air beroksigen, air alkaline, air antioksidan, dan air hexagonal.

  1. Pengolahan Air Payau dan Air Laut

Mesin RO terbukti secara efektif mampu memisahkan partikel-partikel garam yang terlarut di dalam air. Tak heran jika air payau dan air laut mulai dimanfaatkan oleh para pelaku industri untuk diolah kembali sehingga bisa dikonsumsi oleh manusia dengan aman. Caranya dengan. menghilangkan kandungan garam di dalam air tersebut menggunakan mesin reverse osmosis.