Pelatihan Pengelolaan Air Limbah Biologis – Proses Lumpur Aktif

Pelatihan Pengolahan Air Limbah Biologis- Proses Lumpur Aktif – Saat ini, masalah pencemaran lingkungan oleh air limbah di kota-kota besar di Indonesia cukup mengkhawatirkan. Beban polutan yang masuk ke badan penerima air seperti sungai, situ dan danau sudah melampaui daya dukung lingkungan sehingga alam sudah tidak mampu lagi melakukan pemulihan diri sendiri (self furification). Dampak dari pencemaran ini antara lain adalah turunnya kualitas air pada badan penerima air dan terancamnya kehidupan biota diperairan. Lebih dari itu, juga telah menimbulkan kematian masal biota perairan secara tiba-tiba. Untuk mengurangi dampak pencemaran oleh air limbah, pemerintah telah melakukan beberapa upaya, seperti menetapkan baku mutu air limbah yang boleh dibuang, membuat program kali bersih (prokasih), memberi teguran bahkan sangsi hukum kepada pemilik usaha yang terbukti mencemari lingkungan karena tidak mengolah air limbah sebagaimana mestinya.

Banyak Perushaan yang mengolah air limbah dengan memiliki Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL). Saat itu, sistem IPAL yang digunakan adalah proses Lumpur Aktif atau “Activated Sludge”. Lumpur aktif (activated sludge) adalah proses pertumbuhan mikroba tersuspensi. Proses ini pada dasarnya merupakan pengolahan aerobik yang mengoksidasi material organik menjadi CO2 dan H2O, NH4. dan sel biomassa baru. Proses ini menggunakan udara yang disalurkan melalui pompa blower (diffused) atau melalui aerasi mekanik. Sel mikroba membentuk flok yang akan mengendap di tangki penjernihan. Kemampuan bakteri dalam membentuk flok menentukan keberhasilan pengolahan limbah secara biologi, karena akan memudahkan pemisahan partikel dan air limbah. Lumpur aktif dicirikan oleh beberapa parameter, antara lain, Indeks Volume Lumpur (Sludge Volume Index = SVI) dan Stirred Sludge Volume Index (SSVI).

Waterpedia adalah penyedia solusi pengolahan limbah baik limbah industri atau limbah domestik  yang sangat terbukti dan terpercaya. Dengan melakukan penilaian secara menyeluruh serta dilaksanakan secara bertahap untuk memaksimalkan proses produksi anda. Solusi kami berkisar dari proyek kota dan industri yang komplek hingga unit domestik tunggal. Klien kami dari industri kecil,nasional, pemerintahan, hingga internasional. Pelatihan dan konsultasi dilakukan oleh staf ahli kami yang berpengalaman dan terlatih dalam penanganan limbah kimia dan domestik sesuai dengan peraturan pemerintah terkini.

Untuk Informasi dan Diskusi Tentang Produk/ Pelatihan, silahkan hubungi kami :

Waterpedia                                                                   

Jl. Tenaru Driyorejo, Gresik, Jawa Timur, Indonesia 61177

Telp : (+6231) 3977660

HP 1 : 082 139 125 256

HP 2 : 087 850 925 256

info@waterpedia

www.waterpedia.co.id