Mesin RO ( Reverse Osmosis ) Rumah Tangga

Mesin RO ( Reverse Osmosis )

Arti Mesin RO ( Reverse Osmosis ) adalah mesin perpindahan air yang melalui satu tahap ke tahap selanjutnya yaitu bagian yang lebih encer ke bagian yang lebih pekat. Manusia banyak memanfaatkan teknologi RO ( Reverse Osmosis ) ini untuk berbagai macam keperluan, diantaranya untuk teknologi filter air minum. Ciri utama mesin RO ini adalah dengan adanya membran ( semipermeable membrane ). Membrane semipermeable tersebut harus dapat ditembus zat pelarut, tapi tidak dengan zal terlarut.

Proses mesin RO menggunakan tekanan tinggi agar air bisa melewati membran, karena kerapatan membran RO tersebut adalah 0,0001 mikron ( 1 helai rambut dibagi menjadi 500.000 bagian ). Jika air tersebut dapat melewati membran RO, maka air tersebut yang dapat kita pakai. Tetapi jika air tersebut tidak dapat melewati membran semipermeable maka air tersebut terbuang di saluran khusus. Sebelum melewati membran,  proses kerja RO melalui beberapa proses tahap penyaringan antara lain cartridge ( sediment ), karbon blok, karbon granular. Perbedaan paling jelas sistem RO dengan pengolahan air yang lain yaitu sistem RO menghasilkan 2 hasil karena air yang mempunyai kepekatan di atas 15 ppm akan terbuang menjadi limbah , sedangkan penngolahan air yang lain hanya satu hasil.

Dibandingkan dengan pengolahan sistem yang lain seperti sistem ultraviolet, perebusan, ozonisasi, sedimentasi, dan berbagai macam pengolahan air minum lainnya, teknologi pengolahan air menggunakan sistem RO ( Mesin Reverse Osmosis ) menghasilkan air minum yang lebih sehat,bersih dan lebih steril. Kelebihan air yang menggunakan sistem RO tersebut adalah menjadikan air bebas dari semua bahan pencemaran air seperti virus, bakteri, bahan kimia, dan logam berat. Dengan kualitas air yang baik maka sistem RO memberikan jawaban atas tingginya pencemaran air saat ini, sekaligus dapat memenuhi kebutuhan akan air bersih dan sehat.

Pada akhir tahun 80-an sistem Reverse Osmosis ( Mesin RO ) sudah ada di Indonesia, tetapi baru populer pada 5 tahun sekarang ini. Ketika pertama kali datang ke Indonesia untuk harga satu unit produk reverse osmosis untuk rumah tangga lebih mahal dari pada harga satu unit kendaraan roda dua. Di Indonesi sistem reverse osmosis kebanyakan mengadopsi sistem reverse osmosis yang ada di berbagai negara seperti Amerika Serikat ( AS ) , Taiwan, Jepang dan Korea. Di beberapa kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Medan, Surabaya, Semarang, Kalimantan, Yogyakarta, Makasar dan kota kota lainnya sudah cukup menggunakan Sistem Reverse Osmosis. Makin maraknya Sistem Osmosis di Indonesia tentu akan membantu masyarakat meningkatkan kesehatannya.

Keuntungan menggunakan Mesin Reverse Osmosis  adalah sebagai berikut :

Bermanfaat bagi kesehatan tubuh 

Mesin Reverse Osmosis tersebut mempunyai kemampuan untuk memfilter segala macam kontaniminasi yang terdapat dalam air seperti partikel mikro, mikro organisme, menyaring klorin, sedimen, senyawa organik yang mudah menguap, warna, bau, dan rasa air tersebut. Kemampuan tersebut dapat membuat keluarnya air dari mesin Reverse Osmosis benar benar hanya air murni yang bermanfaat bagi kesehatan.

Menghemat Energi dan Memaksimalkan Penggunaan Sumber Daya Air

Dengan adanya teknologi Reverse Osmosis tersebut pengolahan air menjadi lebih mudah dan efisien outputnya pun sudah terjamin kualitas kesehatannya. Mesin Reverse Osmosis dapat memfilter air dalam kondisi ekstrem sekaligus agar air tersebut dapat menjadi air yang siap dikonsumsi ataupun air yang digunakan untuk aktifitas lainnya yang lebih berguna,Sehingga tidak ada air yang terbuang sia – sia.

Biaya yang di Keluarkan Lebih Ekonomis

Banyak orang yang mengira jika menggunakan teknologi pemasangan mesin Reverse Osmosis tersebut cenderung lebih mahal tetapi sebenarnya penggunaan mesin Reverse Osmosis tersebut hanya memerlukan biaya ekonomis jika dibandingkan penyediaan air minum lainnya seperti membeli air galon. Pada mesin Reverse Osmosis ini hanya perlu berinvestasi sekali di awal pembelian mesin dan selanjutnya hanya tinggal dilakukan penggantian filter, dimana rata rata harga filter tersebut sangat ekonomis dibanding jika membeli air galon.

Tidak Membutuhkan Banyak Perawatan dan Memiliki Produksi Yang Cepat

Penggunaan mesin Reverse Osmosis tersebut memiliki manfaat yang sangat besar namun dibalik manfaat  yang di dapatkan ternyata proses perawatannya pun tidak serumit seperti yang selalu diperkirakan. Mesin RO tersebut justru sangat praktis dan tidak membutuhkan banyak perawatan. Perawatan yang dilakukan hanya mengganti filter yang sudah kotor dan penggantiannya sangat mudah dan simpel tidak perlu harus membongkar mesin. Mesin Reverse Osmosis mempunyai kemampuan yang sangat cepat dalam pemfilteran karena sistemnya sudah menggunakan pompa yang membantu mempercepat proses pemfilteran air tersebut.

Jika anda membutuhkan konsultasi dan pemesanan mengenai Mesin Reverse Osmosis anda dapat menghubungi kami di nomor 082139125256 atau di alamat email info@waterpedia.co.id

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *