Menjaga Air Kolam Renang agar tetap jernih

Mempunyai kolam renang dapat menjadi pelengkap tambahan dan  identitas bagi pemiliknya. Selain dapat menambah nilai jual rumah, memiliki kolam renang juga mendapat nilai tambahan sendiri.Biaya pembuatan dan perawatan kolam renang yang mahal mengkondisikan tidak setiap orang dapat mempunyai kolam renang indoor maupun outdor. Banyak manfaat yang diperoleh dari kolam renang. Sehingga kebersihan air kolam renang  juga menjadi hal penting bagi pemiliknya. Pastinya tidak mau ketika ada acara keluarga yang diadakan di pinggir kolam renang terganggu karena air kolam terlihat kotor, kumuh  dan airnya keruh.

Sering melihat petugas kolam renang merasa repot dengan kondisi kolam renang yang kotor karena penambahan air sumur atau air hujan. Hal ini tidak terjadi bila sudah memahami apa yang harus dikerjakan. Untuk melakukan pencegahan dari hal-hal tersebut, banyak hal yang harus di perhatikan. Tentang menjaga kebersihan air yang ada di dalam kolam renang supaya selalu bersih dan jernih.

Berikut ini cara perawatan untuk menjaga air kolam tetap jernih dan selalu bersih yakni :

Menyaring Kotoran yang ada  di dalam Air 

Kotoran di dalam kolam renang berbagai macam jenisnya. Sehingga harus dibersihkan secara rutin agar bisa menyaring kotoran yang berupa kotoran daun kering. Untuk mengangkat kotoran tersebut bisa menggunakan jaring kolam, Kotoran daun tersebut bisa digunakan sebagai sampah organik yang dimasukkan dalam lubang biopori. Selain cara tersebut ada cara lain yakni menguras air kolam renang tetapi cara tersebut membutuhkan waktu lama dan mengeluarkan biaya yang lebih. Solusi lain yakni dengan menggunakan mesin filter otomatis yang dapat menyaring sampah dan kotoran di dalam air kolam renang.

Menghambat Pertumbuhan Lumut dan Alga

Lumut dan Alga adalah salah satu penyebab hilangnya kejernihan air yang ada di dalam kolam renang. Supaya air di dalam kolam renang selalu terjaga kejernihannya,  salah satu cara yang bisa dilakukan yakni dengan menghambat pertumbuhan dari organisme tersebut. Beberapa faktor yang harus diperhatikan yaitu mengetahui kadar klorin dan Ph yang terkandung di dalam air kolam renang. Karena jika jumlah Ph dan klorin yang tidak sesuai dengan standard dapat mengakibatkan dampak bagi penggunanya. Dampak tersebut mengakibatkan iritasi pada kulit, mata, dan berbagai macam organ lainnya. Ph yang tidak seimbang bisa menjadikan lumut berkembang biak dengan baik dalam kolam renang. Pengecekan kadar Ph di air sangatlah penting, jika sudah melebihi batas maka bisa menambahkan kaporit sesuai dengan takaran yang di tetapkan.

Membersihkan Lantai dan Seluruh Bagian Kolam

Air kolam renang yang tidak jernih bukan hanya berasal dari kotoran air kolam tersebut, Tetapi bisa jadi lantai, dinding,dan seluruh bagian kolam perlu untuk dibersihkan. Penyikatan lantai dan dinding kolam renang dilakukan secara rutin agar bakteri yang menempel cepat hilang. Pembersihan tersebut sangat dianjurkan minimal satu minggu sekali. Dengan cara tersebut air kolam menjadi jernih serta bersih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *