Manfaat air pegunungan yang mengandung mineral

Air merupakan memiliki peran penting bagi kesehatan tubuh kita. Itu sebabnya, mencukupi kebutuhan air setiap hari penting untuk diperhatikan. Menurut Guelinckx et al : 2015, Saat tidur tubuh kita tidak mendapatkan asupan cairan sama sekali selama lebih dari enam jam. Salah satu cara untuk membantu tubuh kita agar terhidrasi dengan baik dan mencapai jumlah kebutuhan air yang direkomendasikan para ahli kesehatan adalah mengawali hari dengan minum air putih. Memilih air yang dikonsumsi juga penting dilakukan untuk menghindari berbagai kemungkinan terjangkit penyakit akibat konsumsi air yang tidak layak minum. Pastikan memilih air yang baik dan aman untuk dikonsumsi, seperti air mineral pegunungan. Air pegunungan tersebut mengandung berbagai mineral yang penting untuk tubuh dan mempunyai fungsi  dan manfaatnya masing Рmasing, sehingga baik untuk dikonsumsi sehari Рhari.

Berikut adalah mineral yang terkandung dalam air pegunungan dan manfaatnya

Magnesium dan Kalsium

Menurut WHO : 2009 , Kalsium dan magnesium mempunyai peran penting dalam struktur tulang, kontraksi otot, transmisi impuls saraf, pembekuan darah, dan pengiriman sinyal pada sel. Kekurangan magnesium berdampak pada fungsi saraf, yang dapat mengakibatkan anoreksia, kelemahan otot, kelelahan, dan ketidakseimbangan dalam berjalan.

Natrium dan Kalium

Menurut Santoso et al : 2012, Cairan dalam tubuh dibagi dalam dua kompartemen utama yaitu cairan ekstrasel dan cairan intrasel. Dalam dua kompartemen tersebut terdapat zat terlarut berupa elektrolit, antara lain natrium dan kalium, yang penting dalam mengatur keseimbangan cairan dan fungsi sel.

Zink dan Selenium

Sebuah penelitian oleh Ferencik et al pada tahun 2003 menekankan pentingnya peran kedua zat ini dalam pembentukan sistem imun tubuh. Menurut Santoso et al : 2012, Zink berperan penting dalam pembentukan inti sel (DNA) dan protein, perkembangan sel serta turut bekerja dalam 300 enzim manusia. Zink juga penting bagi pertumbuhan dan saraf otak. Selain zink, zat selenium dapat memperbaiki sistem imunitas.

Silika

Santoso et al : 2012 berpendapat bahwa Silika merupakan salah satu zat gizi yang berguna dalam pemeliharaan kesehatan tulang dan jaringan. Silika dan kalsium bermanfaat untuk mencegah keropos tulang (osteoporosis) dan memperkokoh jaringan serta peremajaan kulit. Dalam jaringan pembuluh darah, kulit, dan rambut banyak mengandung silika. Silika berfungsi penting bagi integritas atau keutuhan jaringan pembuluh darah untuk mengurangi risiko atereosklerosis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *