Bakteri aerob anaerob bikatiria waterpedia (6)

Kegunaan Bakteri Aerob dan Bakteri Anaerob Dalam Pengolah Air Limbah

Kegunaan Bakteri Aerob dan Bakteri Anaerob Dalam Pengolah Air Limbah

Di sebagian besar wilayah Indonesia, air limbah dari kegiatan mandi, mencuci dan memasak (Grey water) dibuang ke perairan tanpa diolah terlebih dahulu. Di alam, sebenarnya ada orang yang berjasa dalam pengolahan bahan organik yang terkandung dalam sampah yang kita hasilkan. Ini adalah hal-hal kecil yang disebut bakteri. Mereka hidup di perairan seperti sungai, danau, dan lautan.

Apakah Anda tahu siapa saja yang bertanggung jawab untuk merawat air limbah alami? Jika air limbah yang kita buang ke sungai, danau, lautan tidak diolah, menurut Anda apa yang akan terjadi?

Namun, kemampuan bakteri untuk menangani limbah di alam terbatas. Semakin banyak bahan organik dalam air limbah, semakin keras bakteri dalam bekerja yang menyebabkan air menjadi tercemar. Oleh karena itu, Grey water harus diolah terlebih dahulu sebelum dibuang ke lingkungan.

Bahan organik dalam air gelap digambarkan dengan Chemical Oxygen Demand (COD) yang nilainya berkisar antara 100-700 mg/L.

  1. Untuk menangani limbah dengan kadar COD <1000 mg/L, bakteri yang tepat adalah bakteri aerob yaitu bakteri yang membutuhkan oksigen.
  2. Sedangkan limbah dengan kandungan COD > 1000 mg/L bakteri yang dapat dimanfaatkan adalah bakteri anaerob (tidak memerlukan oksigen).

Baik bakteri Anaerob dan Aerob, keduanya memiliki kemampuan pengurai yang baik satu dengan yang lain. Keduanya dibedakan berdasarkan cara hidup mereka terhadap suplai oksigen. Bakteri Aerob merupakan microba yang tak bisa hidup tanpa Oksigen atau O2.

Bagi bakteri Aerob, kelangsungan hidup mereka tergantung pada oksigen. O2 dimanfaatkan sebagai proses berkembang biakan, pertumbuhan dan kelangsungan hidup salah satu jenis bakteri pengurai ini untuk mendapat suplai oksigen cukup.

Sementara bakteri Anaerob merupakan mikroba yang dapat hidup meski di lingkungan sekitar tidak terkandung oksigen. Dengan kata lain, jenis bakteri ini pada dasarnya bisa hidup tanpa udara di sekitar.

Bakteri aerobik hidup dalam koloni untuk membentuk flok berenang bersama di air dan kolam limbah. Bakteri juga suka menempel pada media untuk membentuk biofilm. Biofilm membuat bakteri lebih tahan terhadap gangguan eksternal. Selain itu, koloni dapat membentuk nutrisi sendiri, karena bakteri mati dapat melengkapi bakteri hidup.

Bagaimana bakteri aerobik menghancurkan bahan organik dalam air gelap?

Bakteri melepaskan katalis yang larut dalam bahan organik yang tidak larut sehingga mudah dihancurkan. Setelah larut, bahan organik akan diserap ke dalam tubuh bakteri. Reaksi dalam tubuh bakteri adalah:

Oksigen yang dibutuhkan oleh bakteri aerob diperoleh dari udara. Namun pada sistem pengolahan limbah, oksigen dapat disuplai oleh aerator sehingga konsentrasi oksigen dapat dipertahankan pada 2 mg/L sehingga bakteri dapat berfungsi dengan baik.

Bahkan jika tubuhnya kecil, di bawah kondisi lingkungan yang tepat, koloni bakteri aerobik ini dapat mengurangi bahan organik dalam air gelap lebih dari 90%, Anda tahu, sehingga air kita menjadi bersih kembali.

Jenis-Jenis Bakteri dalam Pengolahan Air Limbah

Berikut contoh seeding bakteri :

  1. Seeding Bakteri Aerob,Limbah Minyak Goreng, Biodiesel
  2. Seeding Bakteri Aerob Anaerob,Limbah Kopi.

 

Jual Bakteri Bikatiria Pengurai Limbah Domestik Aerob Anaerob IPAL STP WWTP Waterpedia
Jual Bakteri Bikatiria Pengurai Limbah Domestik Aerob Anaerob IPAL STP WWTP Waterpedia

 

BAKTERI AEROB

BWAE01 adalah Sistem Aerobik Bakteri, yang merupakan kombinasi dari jenis bakteri positif yang diformulasikan untuk membantu menyelesaikan permasalahan di Instalasi Pengolahan Limbah (IPAL) diantaranya Limbah Domestik, Instalasi Pengolahan Limbah Instalasi Pengolahan Limbah-IPAL, dan Produce water Treatment-PWT, Grease Trap, dan Sludge Decomposer.

FUNGSI / KEGUNAAN:
• Mempercepat pertumbuhan mikroorganisme sistem pengolahan air limbah (WWT) selama start-up.
• Mempercepat pemulihan sistem WWT dari kondisi beban kejut.
• Mengoptimalkan kinerja bakteri pada parameter organik rendah dalam air limbah.
• Reaksi cepat untuk mengurangi bau air limbah.
• Mengurangi / menghancurkan senyawa amonia, COD, BOD, fosfat.
• Memecah minyak/pelumas, protein, lumpur & lumpur terapung.
• Meningkatkan dominasi populasi bakteri positif di kolam limbah.
• Menjaga stabilitas pH & memurnikan air limbah.
• Mengurai lumpur septic tank hingga 50-70%.
• Mengurangi polusi air tanah.

Jual Bakteri Bikatiria Pengurai Limbah Domestik Aerob Anaerob IPAL STP WWTP Waterpedia
Jual Bakteri Bikatiria Pengurai Limbah Domestik Aerob Anaerob IPAL STP WWTP Waterpedia

 

Jual Bakteri Bikatiria Pengurai Limbah Domestik Aerob Anaerob IPAL STP WWTP Waterpedia
Jual Nutrisi Bakteri Bikatiria Pengurai Limbah Domestik Aerob Anaerob IPAL STP WWTP Waterpedia

 

Bakteri aerob anaerob bikatiria waterpedia (6)

BAKTERI & CHEMICAL WASTEWATER TREATMENT READY STOCK SIAP MELAYANI LIMBAH DOMESTIK DAN INDUSTRI SIAP KIRIM SELURUH INDONESIA

  • PT. Waterpedia Rejeki Langit l Value Of water Water and Wastewater Treatment
  • Address: Tenaru Driyorejo Street, Gresik, East Java, Indonesia 61177
  • Phone: +62 31) 3977660, Mobile: +62 82139125256, Mobile: +62 87850925256
  • Email: info@waterpedia.co.id
  • Website: www.waterpedia.co.id

 

Konsultasi Pengolahan Air Limbah IPAL Limbah Domestik dan limbah Industri Hub. 082139125256