Jenis Kontaminan Yang Ada Pada Air

Kontaminan tertentu menyebabkan terjadinya pencemaran pada air. Sehingga kualitas dari air menurun atau bahkan bisa juga menjadi membahayakan. Secara garis besar, kontaminan air dibagi menjadi 3 kelompok yakni kontaminan fisik,kontaminan kimawi,dan kontaminan biologis. Berikut penjelasan dari masing – masing kelompok tersebut :

Kontaminan Fisik

Secara fisik air yang bersih adalah air yang jernih,tidak berwarna,dan tidak berbau. Kebanyakan air mengandung bahan terlarut,tersuspensi,atau dalam bentuk koloid. Beberapa contoh kontaminan yang dapat merusak kualitas air adalah suspensi bahan organik atau sedimen yang membuat air menjadi keruh ataupun bahan organik terlarut sehingga air menjadi berwarna dan berbau.

Kontaminan Kimia

Pengukuran kadar bahan kimia dalam air juga merupakan salah satu penting yang perlu diperhatikan. Untuk menentukan mutu air mencakup analisis keberadaan ion – ion spesifik atau pengukuran secara agregat. Contohnya seperti logam,garam, pestisida,organik sintesis, racun yang diproduksi oleh bakteri dan obat-obatan manusia atau hewan.

Kontaminan Biologi

Kontaminan biologi adalah organisme biologi dalam air. Bakteri,virus,dan hewan kecil lainnya pada dasarnya selalu ada dipermukaan air. Mereka juga disebut sebagai mikroba atau kontaminan mikrobiologis. sebagian kecil mikroorganisme patogen dapat menyebabkan penyakit pada manusia. Contohnya bakteri,virus,protozoa dan parasit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *