Filter Air Sumur Untuk Rumah Tangga

Filter Air Sumur Rumah Tangga

filter air sumur

Air yang terkontaminasi dapat diatasi dengan penggunaan filter air. Alat ini memiliki ukuran pori-pori 1 mikrometer atau kurang, yang bisa membantu menyaring kuman-kuman yang mengontaminasi air. Selain menghilangkan zat berbahaya, filter air juga bisa mengeliminasi rasa dan bau aneh pada air.

UNTUK MENGATASI AIR DENGAN KONDISI SEBAGAI BERIKUT :

  1. Berwarna kuning.
  2. Berwarna hitam / keruh.
  3. Berbau bangar (seperti bau selokan).
  4. Bau besi yang menyengat.
  5. Berlumpur.
  6. Berkerak ketika semalaman di endapkan.
  7. Berminyak.
  8. Lapisan bejana menjadi licin, misal semalaman air di endapkan di dalam ember, lalu air di buang, sentuh permukaan lapisan ember tersebut, permukaan licin, seperti ada cairan pelicinnya

filter air sumur

Apa itu Air Sumur?

Air sumur adalah air yang berasal dari tanah (juga disebut air tanah). Air tanah ini biasanya disimpan di ambang batas di bawah permukaan tanah. Sedangkan, sumur adalah struktur yang dibuat atau digunakan untuk memanfaatkan dan menyalurkan air tanah ke rumah. Pada dasarnya, sebuah lubang digali ke dalam tanah dan sebuah pompa digunakan untuk mendapatkan air dari sumur yang kemudian disalurkan ke rumah untuk dikonsumsi. Air sumur sendiri telah digunakan selama beberapa dekade dan dianggap sebagai cara yang bagus untuk mendapatkan air bersih di hampir setiap wilayah.

Alasan Air Sumur Banyak Dimanfaatkan Sebagai Air Minum

Air sumur telah digunakan selama beberapa dekade sebagai sumber air bersih untuk dikonsumsi. Hal ini dikarenakan beberapa alasan, diantaranya:

  1. Air sumur itu murah
  2. Keuntungan utama air sumur adalah cara termurah untuk mengirimkan air ke rumah atau bangunan Anda. Itu mampu memberikan penghematan jangka panjang.
  3. Hampir tidak ada habis persediaannya
  4. Setelah sebuah sumur digali, itu bisa menyediakan persediaan air yang praktis tak ada habisnya.
Bahaya/Kekurangan Air Sumur

Air sumur yang tidak diolah mampu mengandung berbagai kontaminan berbahaya. Namun, bahaya air sumur ini masih dapat diperbaiki dengan sistem channel air sumur. Berikut ini adalah berbagai kekurangan dari air sumur.

-) Air sumur dapat mengandung bakteri, timbal, arsenik, kromium 6, merkuri, radon, dan senyawa organik mudah menguap (VOC)

Kelemahan utama air sumur adalah lingkungan di mana ia digali. Meskipun air tanah terletak jauh di dalam, air masih dapat dipengaruhi oleh kontaminan. Jika ada kontaminasi yang tinggi di suatu lokasi, kemungkinan air tanah akan terpengaruh juga. Kontaminan air sumur withering sering berasal dari sumber alami. Sebagai contoh, beberapa kontaminan (seperti arsenik) dapat muncul secara alami di air tanah.

-) Timbal dalam air sumur – air sumur bersifat korosif dan dapat melepaskan timbal dari pipa

Ada banyak pemilik sumur yang tidak menyadari bahwa air sumur dapat bersifat korosif dan melepaskan timbal dari pipa. Air sumur seringkali bersifat korosif dan dapat melepaskan timbal dari pipa, sambungan bind, dan perlengkapan pipa. Minum air putih dengan timbal dapat mempengaruhi jantung, ginjal, dan saraf. Bahkan efek kesehatan dari paparan timbal pada anak-anak dapat menyebabkan gangguan kognisi, gangguan perilaku, masalah pendengaran, dan pubertas yang tertunda. Untuk itu, sangat disarankan Anda menggunakan sistem channel air yang memiliki fitur pembuangan timah.

-)Terkadang air sumur berbau dan rasanya tidak enak

Air sumur juga mungkin memiliki bau dan rasa yang berbeda begitu berada di tangki penyimpanannya. Bau ini bisa membuatnya kurang ideal untuk konsumsi sehari-hari. Jika air sumur berbau, itu dapat bergantung pada beberapa kondisi yang mempengaruhi pasokan air di daerah setempat. Sekali lagi, masalah ini dapat berasal dari kontaminan.

Apakah Air Sumur Aman?

Sulit untuk mengetahui apa yang terkandung di dalam air minum Anda, jadi penting untuk menggunakan channel air. Dengan channel, air sumur jelas aman untuk diminum dan digunakan. Oleh karena itu, kami tidak akan merekomendasikan untuk meminum air sumur tanpa channel.

Pengujian Air Sumur

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, sulit untuk mengetahui apa yang terkandung di dalam air minum Anda. Untuk itu, penting untuk melakukan uji untuk mengetahui keamanan dan kemurnian air sumur Anda. Tes komprehensif harus dilakukan secara teratur untuk mengetahui kandungan berbahaya yang ada dalam air sumur, seperti Arsen, Bakteri, Kromium 6, Air raksa, Nitrat, Radon, Senyawa organik mudah menguap (VOC), Dan semua bahan kimia dan kontaminan lainnya

 

Wastewater Treatment & training consultation
klik⬇️bit.ly/CS_Waterpedia1

PT. Waterpedia Rejeki Langit
Email : info@waterpedia.co.id
Website : www.waterpedia.co.id
Office : 031 3977660
WA 1 : 0821 3912 5256
WA 2 : 0878 5092 5256

English EN Indonesian ID