Selamat Hari Air Sedunia 22 Maret 2021
Traning 10 LAngkah Mendesain IPAL STP WWTP Bekasi 08-09-10 April 2021
headerweb-international tranining wwtp waterpedia

Filter Air Rumah Tangga

Filter Air Rumah Tangga

Filter Air Rumah Tangga adalah solusi utama untuk masalah air rumah tangga yang berbau besi, kuning, keruh dan berminyak adalah dengan menggunakan filter air atau penjernih air rumah tangga. Dengan menggunakan penjernih air rumah tangga maka semua masalah air dapat diatasi. 
Filter air walaupun dapat menjernihkan air tetapi memiliki berbagai macam jenis. Tidak semua masalah air dapat di selesaikan dengan satu solusi tetapi butuh sebuah sistem yang kompleks. Anggaplah air sumur bor atau tanah yang bermasalah adalah air dengan kadar besi tinggi dan kadar kapur tentu saja sehebat apa pun karbon aktif yang dimiliki tidak dapat menetralisirkan masalah air tanah atau sumjr bor yang mengandung kapur.
Filter air sendiri adalah sebuah tekhnologi penjernihan air yang dapat menghasilkan air bersih yang sehat dan berkualitas. Tentukan pemilihan penjernih filter air yang tepat untuk rumah tangga Anda. Jangan sampai sumur bor atau air tanah Anda mendapatkan treatment yang salah dalam menjernihkan air.

Filter air untuk rumah berfungsi untuk memfilter air agar dapat digunakan untuk keperluan rumah tinggal seperti mandi, cuci pakaian, menyiram tanaman, mencuci motor maupun mobil.

Kapasitas filter yang beraneka ragam sesuai dengan kebutuhan aktifitas penggunaan air di dalam rumah tinggal. Jumlah pengguna atau penghuni rumah yang melakukan aktifitas mandi, cuci pakaian, cuci piring dan lain-lain juga berpengaruh terhadap besarnya filter air yang digunakan.

Biasanya menggunakan tabung filter air sebagai wadah filter yang berisi media filter sebagai alat penyaringan. Tabung filter air terkecil berdiameter 8 inch atau sekitar 20 cm. tabung yang terkecil efektif digunakan untuk keluarga kecil dengan jumlah maximal 4 orang, namun juga tergantung aktifitas penggunaan air yang dilakukan, serta kondisi air yang disaring/ difilter. Kondisi air yang terlalu keruh menyebabkan debit air yang dikeluarkan oleh tabung filter menjadi semakin kecil. Lumpur halus, kandungan besi/ ferrum dan mangan yang terlalu jenuh juga menjadi penyebab kecilnya aliran air yang dikeluarkan filter air.

Filter untuk rumah tangga yang ideal adalah yang paling mampu menyaring/ memfilter air secara efektif dalam skala yang relatif sesuai kebutuhan air dalam aktifitas penghuni rumah.

Filter air yang besar dan mampu menampung tekanan pompa air dan debit air dari tandon atas menjadi pilihan utama. Bahan tabung stainless, wave cyber adalah bahan yang bisa menjadi pilihan. Tabung filter PVC tidak seperti bahan stainless dan wave cyber, tabung pvc memiliki daya tahan tekan debit lebih rendah.

Filter air tabung stainless 12 inch atau tabung wave cyber 13 inch mungkin pilihan yang ekonomis untuk keperluan air rumah yang ekonomis dan terjangkau untuk kita.

 

Pemilihan Media Filter Air Untuk Rumah Tangga.

Media filter air adalah isi dari tabung filter. Setiap media mempunyai fungsi yang spesifik dalam penggunaannya. Pemilihan media filter yang tepat adalah suatu keharusan agar air yang kita dapatkan sesuai dengan kebutuhan kita, baik kandungan unsur, mineral maupun keasamannya.

Test melalui laboratorium semestinya dilakukan agar kita dapat data akurat tentang air yang kita gunakan di rumah untuk mandi dan cuci.

English EN Indonesian ID