031-3977660 info@waterpedia.co.id

Kebutuhan rumah tangga akan sumber air bersih yang memadai sudah tidak perlu diganggu gugat lagi. Dari keperluan mencuci pakaian, piring, mandi, memasak, makan, dan minum, semua membutuhkan air bersih .

1. Air PDAM

Pemerintah menyediakan air PAM lewat jaringan perpipaan yang dibangun secara merata untuk masyarakat dengan biaya langganan yang dibayarkan setiap bulannya.

 

Walaupun secara umum air PAM relatif bersih, namun untuk kebutuhan minum tetap harus diolah terlebih dahulu dengan cara direbus sampai mendidih.

 

Tak jarang air yang mengalir juga tercium dan terasa kandungan kaporit yang cukup tajam sebagai efek samping water treatment yang dilakukan.

 

Kandungan kaporit ini tentu bisa cukup berbahaya jika kamu ingin menggunakan air untuk mengisi akuarium ikan hias.

 

Tergantung dari lokasinya, isu yang paling sering dihadapi jika terjadi gangguan pada jalur mengalirnya air baik karena ada pipa yang rusak maupun proses perawatan jaringan dari pusat, air PAM bisa saja berhenti.

 

Biasanya akan ada pemberitahuan terlebih dahulu kepada seluruh pelanggan beberapa hari sebelumnya jika ada jadwal pemeliharaan pipa sehingga air terpaksa diputus untuk sementara.

 

2. Air Bor

Sumur merupakan sebuah konstruksi yang fungsinya digunakan sebagai sumber air untuk memenuhi kebutuhan Anda. Namun, sumur bor itu sendiri biasanya tidak digunakan untuk bangunan kecil seperti rumah. Melainkan digunakan khusus untuk bangunan berskala besar seperti sekolah, kantor, rumah makan, hotel, dan sebagainya.

 

Banyak bangunan yang hanya membuat sumur bor sedalam 30 meter, tapi banyak juga bangunan lebih besar yang membangun sumur bor yang berkedalaman yang lebih, yaitu mencapai hingga 200 meter.

 

Wilayah rawan banjir merupakan lokasi yang bisa dipastikan memiliki ketersediaan air tanah yang cukup melimpah. Akan tetapi, pada daerah yang satu ini kategori sumber airnya memiliki kualitas yang buruk untuk dikonsumsi.

Anda akan sangat kesulitan untuk menemukan lokasi sumber air tanah pada dataran tinggi hingga pada kedalaman 20 an meter. Namun pada daerahtersebut akan ada potensi keberadaan kualitas air tanah yang sangat bagus untuk konsumsi dibandingkan dengan sumber air tanah sumur bor pada daerah dataran rendah.Dalam hal ini, ketersediaan air juga ditentukan oleh letak geografis titik sumber air tanah pada suatu daerah. Misalnya, pada kedalaman tanah berkisar antara 6 meter hingga 10 meter pada wilayah daerah dataran rendah Anda akan menemukan sumber mata air tanah yang memiliki kualitas sedang.

Apabila Anda memilih menggunakan sumur bor, maka air yang berada di sana tidak akan mudah tercemar. Hal ini disebabkan karena sumur tersebut menggunakan Pipa PVC atau bisa juga menggunakan Pipa galvanis dan setelahnya pipa-pipa ini akan disambung secara teknik.

 

Ciri-ciri umum air mengandung zat besi dan mangan yaitu air berwarna kuning,keruh terdapat bau tak sedap / bau besi, kadang2 air keluar jernih tetapi jika diendapkan beberapa saat menjadi berubah warna, kondisi air agak licin,rasa tidak enak,jika digunakan mandi lengket di badan.Air yang mengandung zat besi dan mangan jika di filter menggunakan filter air danalat penjernih air, maka air akan menjadi bersih bebas warna dan bau, diendapkan/ditampung beberapa lama pun tidak akan timbul endapan/lapisan minyak diatasnya.

 

Alat -alat & bahan:

1. Gelas beker

2. Tds

3. Turbidity

4. Kertas lakmus

5. Sample

 

Langkah kerja:

1. Beri label pada masing-masing sampel

2. Homogenkan terlebih dahulu sampel lalu dituang ke gelas beker ukuran 100 ml

3. Cek tds pada masing-masing sampel

4. Cek suhu menggunakan alat tds

5. Lalu cek PH menggunakan kertas lakmus

6. Setelah itu kekeruhan menggunakan turbidity