Selamat Hari Air Sedunia 22 Maret 2021
Traning 10 LAngkah Mendesain IPAL STP WWTP Bekasi 08-09-10 April 2021
headerweb-international tranining wwtp waterpedia

Apa itu Siklus Hidrologi ?

Siklus Hidrologi atau yang biasa disebut siklus air adalah siklus yang terjadi di lingkungan perairan hal ini tidak akan berhenti dan terus berjalan. Arti dari siklus hidrologi adalah proses air dari atmosfer ke bumi, lalu kembali lagi ke atmosfer begitu seterusnya.

Proses Siklus 

Secara umum, proses siklus hidrologi adalah pertama seluruh air yang ada di bagian bumi akan menguap. Seluruh air akan menguap ke atmosfer lalu air ini akan berubah menjadi awan di langit. Setelah itu, air yang telah berubah menjadi akan berubah lagi menjadi titik – titik air.

Titik air tersebut  akan turun ke bumi dalam bentuk hujan dapat pula dalam bentuk es dan dapat pula salju. Setelah hujan turun, air akan masuk ke dalam celah atau pori tanah dengan arah gerak vertikal atau pun arah horizontal. Air tersebut selanjutnya akan kembali ke permukaan air yang akan terus mengalir hingga kembali ke danau atau sungai.

Siklus Hidrologi - Waterpedia - 082139125256

1. Evaporasi

Tahap awal dari siklus hidrologi adalah evaporasi. Sungai, danau, dan laut serta tempat lainnya dan mengandung air yang menguap karena adanya panas sinar matahari. Tahap tersebut dinamakan evaporasi.

2. Transpirasi

Transpirasi merupakan proses penguapan, namun penguapan itu  terjadi bukan pada air yang tertampung dalam badan air. Transpirasi adalah penguapan yang terjadi pada bagian tubuh makhluk hidup khususnya tumbuhan dan hewan dan prosesnya sama dengan tahap evaporasi. Molekul cair pada tubuh tumbuhan dan hewan akan berubah menjadi uap atau molekul gas.

3. Evapo transpirasi

Evapo transpirasi adalah proses gabungan tahap evaporasi dan tahap transpirasi sehingga pada tahap ini banyak air yang menguap. Evapo transpirasi merupakan suatu tahap penguapan yang mana molekul cair  menguap adalah  seluruh air dan jaringan makhluk hidup.  pada tahap ini merupakan tahap yang paling memengaruhi siklus hidrologi atau jumlah air yang terangkat.

4. Sublimasi

Sublimasi  adalah perubahan molekul cair menjadi molekul gas ke arah atas yaitu arah atmosfer. Namun, penguapan yang terjadi adalah perubahan es yang ada di kutub dan di gunung yang tidak melewati proses cair.

5. Kondensasi

Tahap kondensasi adalah proses air yang telah menguap berubah menjadi partikel es. Partikel es yang dihasilkan sangat kecil dan terjadi karena suhu dingin pada ketinggian yang ada di atmosfer bagian atas. Lalu partikel es tersebut akan berubah menjadi awan dan semakin banyak partikel es, awan semakin berwarna hitam.

6. Presipitasi

Proses terakhir adalah presipitasi , yaitu tahap pencairan awan karena tidak mampu lagi menahan suhu yang semakin meningkat. Pada tahap ini akan terjadi gejala alam yang dinamakan hujan dengan ciri jatuhnya butiran air ke permukaan bumi. Jika suhu yang ada di sekitar kurang dari 0 derajat celcius, bisa akan terjadi hujan salju atau bahkan es.

Leave a Reply

English EN Indonesian ID