Air Demin dan Kegunaannya

Air demineral adalah air yang tidak mengandung mineral. Air jenis ini diperoleh melalui proses pemurnian seperti destilasi (pemisahan zat-zat kimia), deionisasi (menetralisasi ion positif dan negatif), reverse osmosis (pemurnian) atau proses yang setara dan aman diminum. Air tersebut  populer sebagai air murni atau air kosong. Orang zaman dulu biasa mengonsumsi air demineral dengan meminum air embun pagi. Air demineral lebih utama dikonsumsi terlebih saat sedang sakit dengan tujuan dapat memperoleh manfaat penyembuhan darinya.

Guna menghindari risiko penyakit akibat mengonsumsi mineral berbahaya, saat ini telah hadir dikenal proses memurnikan air yang disebut proses demineralizier. Air hasil demineralizer aman dikonsumsi manusia, tetapi juga bisa diaplikasikan pada bidang industri. Berikut merupakan beberapa Kegunaan dari Air Demin :

Air minum yang aman dikonsumsi

Air bebas kandungan mineral atau minim kandungan mineral dipercaya jauh lebih bermanfaat dan sehat bagi tubuh. Hal ini mengingat kebutuhan manusia yang utama yaitu untuk mengonsumsi air minum jernih, bersih, murni, dan terbebas dari berbagai macam polutan. Baik polutan dari bahan organik, kimia, atau logam berat. Air yang dikonsumsi juga harus bebas dari kandungan kuman, bakteri, dan virus. Dimana air minum berkualitas tersebut tidak selalu harus berasal dari air pegunungan tetapi dapat pula dihasilkan dari sistem pemurnian menggunakan teknologi canggih terkini. Kegunaan inilah yang kemudian diyakini demineral water bermanfaat bagi kesehatan dan penyembuhan.

Mengkonsumsi air non mineral tidak berpengaruh buruk terhadap kesehatan, melainkan bermanfaat ganda, karena tidak menambah kadar mineral anorganik yang sudah lama tertimbun dalam jaringan tubuh, dan membantu membersihkan mineral anorganik yang ada dalam tubuh. Tetapi berdasarkan penelitian yang dilakukan Badan Kesehatan Dunia (WHO), mengonsumsi air yang tidak mengandung mineral dapat meningkatkan risiko osteoporosis,hipertensi,serangan jantung,dan hipotiroid. Selain itu, hilangnya elektrolit dalam air dapat menyebabkan ketidakseimbangan elektrolit dalam tubuh.

Air Demineral untuk kebutuhan industri

Dalam bidang industri air merupakan peranan yang penting yaitu sebagai bahan utilitas kebutuhan industri. Air demin dibutuhkan mulai dari air proses,air pendinginan, air sanitasi dan air boiler. Air yang diambil pada umumnya berasal dari air sumur, air sungai, air hujan, atau air laut yang sudah melalui pemrosesan lebih lanjut yang digunakan sebagai umpan boiler.

Sebagai kebutuhan industri, adanya kontaminan atau pencemar yang ada di dalam air memang menjadi faktor yang perlu diperhatikan. Keberadaaan kontaminan dapat menjadikan masalah serius. Mulai dari korosi, kerak, hingga carry over. Oleh karena itu, air yang akan digunakan wajib dan sesuai spesifikasi alias sudah melalui proses pemurnian. Minimal bebas dari kandungan Mg (magnesium) dan Ca (kalsium).

 

Leave a Reply

WhatsApp chat